Beberapa Langkah Menanam Sawi Putih yang Baik serta Benar

Sawi putih termasuk juga type sayuran yang cukup seringkali didapati di dalam kehidupan keseharian. Bukan sekedar jadikan jadi bahan basic sayuran, banyak juga orang yang jadikan sawi putih jadi bahan basic makanan untuk diet. Terkecuali mempunyai banyak pengagum, langkah menanam sawi putih yang gampang jadikan sayuran satu ini di kenal mempunyai banyak faedah.

Sawi putih atau Brassica Rapa umum dikenal juga dengan nama Sawi Cina karna banyak masakan Tionghoa yang jadikan sayuran ini jadi bahan intinya. Dalam kehidupan keseharian, sawi putih umum juga dimaksud Petsai. Anda dapat mendapatkan benih dan tanaman sawi putih di Jual Bibit Tanaman.

Banyak masakan yang jadikan sawi putih jadi bahan basic intinya yaitu karna kandungan yang dipunyai oleh sawi putih tersebut. Seperti disinggung dimuka, sawi putih dipercaya mempunyai sebagian kandungan yang berguna untuk badan seperti kandungan Asam Folat atau vitamin B9, Vitamin K, Vitamin C, Vitamin E, Zat Besi, Potassium, dan Magnesium.

Beberapa langkah Langkah Menanam Sawi Putih Yang Baik Serta Benar

  • Lakukan Pemrosesan Tanah

Sebelumnya tanah di tanamin sawi baiknya lahan di bersihkan dahulu dari rumput-rumput liar serta kerjakan penggemburan. Penggamburan tanah di kerjakan memakai cangkul hingga tanah betul-betul gembur, buat bedengan-bedengan dengan lebar 90-100 cm, jarak 30-40 cm, tinggi 30 cm serta parit-parit diantara bedengan dengan jarak 25 atau 30 cm.

Sesudah pemrosesan lahan usai berilah pupuk kandang/kompos dengan jarak 13 hari sebelumnya tanaman di tanam. Pemberian pupuk ini mempunyai tujuan agar tanaman yang di tanam nanti dapat tumbuh dengan subur serta seragam, untuk pembuatan lubang tanam baiknya kerjakan dengan jarak 40 cm serta dalam 15-20 cm.

  • Lakukan Persemaian

Untuk hal basic yang pertama yaitu lakukan perendaman benih ke air hangat yang ke hangatanya menjangkau 50 drajat celcius. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar benih-benih yang juga akan di tanam dapat tumbuh dengan baik serta sehat.

Ada pula langkah beda yang dapat di kerjakan yakni dengan merendamnya memakai larutan previcur N dengan pemakaian (1 ml/liter dalam benih 200 gr) perendaman dengan memakai larutan previcur N ini biarlah sepanjang lebih kurang 1 jam.

Bila perendaman benih telah usai di kerjakan langkah setelah itu yaitu menyebar benih dalam persemaian, yang terlebih dulu tanah telah digabung dengan pupuk kandang, pencampuran ini di kerjakan dengan perbandingan 1 : 1.

Sesudah benih telah di tebar di persemaian letakkan ditempat yang teduh yang di atasnya di tutupi memakai dedaunan seperti daun pisang, agar tidak terserang air hujan dengan segera. Serta biarlah sepanjang 3-4 minggu, dengan usia 1 bln. benih yang tumbuh telah mempunyai daun 4-5 helai, dengan usia segini jadi langkah setelah itu dapat di pindahkan kedalam lahan sawah.

Pemeliharaan Tanaman Sawi

Pemeliharaan mencakup dengan lakukan penyiraman pagi serta sore dengan teratur pada tanaman sehari-hari, penyiraman teratur ini di kerjakan saat tanaman sawi baru di tanam di lahan hingga usia 20 hari. Kemudian dapat diberi penyiraman 1 x saat lahan telah keliatan kering, karna pada intinya tanaman sawi juga memerlukan konsumsi air yang cukup dan tidaklah terlalu terlalu berlebih.

  • Penyulaman & Penyiangan

Penyulaman ini di kerjakan jika tanaman sawi ada yang mati/layu. Penyulaman yang baik baiknya di kerjakan setelah tanaman berumur 7-15 hari, jangan pernah lebih dari batas yang telah di sarankan. Sebab bila lebih dari batas yang telah di beri juga akan menyebabkan perkembangan tanaman yg tidak seragam, serta efek buruknya saat masa panen tiba dapat menyebabkan sawi yang di panen tidak dapat di kerjakan dengan berbarengan, oleh karena itu cermatilah tanaman waktu tanam hingga usia 15 hari, apabila ada yang mati/layu baiknya ubah dengan bibit yang baru

Pemantauan ini dapat di kerjakan di barengi dengan penyiangan, karna penyiangan juga di lakukan ketika tanaman sawi telah berusia lebih kurang 2 minggu, Pelaksanaan pembersihan dengan lakukan penyiangan ini dikerjakan dengan mencabut rumput/gulma yang tumbuh di bagian tanaman hingga bersih, agar tidak menggangu sistem perkembangan tanaman sawi.

  • Pemberian Pupuk

Hal yang paling memastikan supaya tanaman sawi dapat hasilkan tanaman yang subur, sehat serta serampag pertumbuhanya yaitu dengan memberi pupuk. Mengenai car-caranya dalam pemberian pupuk untuk tanaman sawi yakni :

Untuk pemberian pupuk memakai pupuk kandang sapi baiknya beri 25-30 ton/hektar, bila ingin memakai pupuk domba dapat di beri maksimum 20 ton/hektar, mengenai pemberian pupuk alami yg tidak sempat ketinggal oleh beberapa petani setelah lakukan penanaman di lahan, yakni dengan menutupi benih sawi yang telah di tanam memakai kompos jerami padi. Hasil surve kami menyebutkan dalam pemberian kompos padi ini/hektar diberi 19 ton kompos padi.

Dalam budidaya tanaman memercayakan pupuk alami saja akhirnya kurang memuaskan, oleh karena itu banyak beberapa petani yang memberi pupuk buatan seperti : urea, ZA, TSP/SP Serta KCL, type pupuk-pupuk ini pemberianya di kerjakan berdasar pada Nama untuk urea per hektar di beri 100 kg, ZA 250 kg, TSP atau SP 36 kg, serta pemberian pupuk berjenis KCL di beri 200 kg/hektar, sesudah tanaman sawi berumur 1 1/2 bln..

Membrantas Hama & Penyakit

Menghindar sebelumnya menyembuhkan, tersebut pepatah yang pas sebelumnya tanaman sawi di hinggapi oleh hama serta penyakit. Mencegah hama serta penyakit dapat di kerjakan dengan buat pembuangan massa air dengan alami.

Bila tanaman telah ada yang diserang jadi brantaslah memakai pestissida atau insektisida (Rizotin). Denga langkah menyemprotkan ke bagan tanaman yang diserang hama serta penyakit.

  • Panen

Langkah terahir dalam budidaya sawi putih yaitu panen, pemanenan sawi telah dapat di panen saat sawi telah mempunyai krop yang besar serta mempunyai daun yang kompak, atau biasanya telah menjangkau usia 41-60 hari.

Langkah pemanenan sawi yaitu dengan memotong pangkal batang di bagian bawah sawi, dengan menyisahkan 2-3 lembar daun membuat perlindungan aktivitas dalam pemasaran yang berupaya membuat lancar serta memudahkan penyampaian barang. Biasanya dalam membudidayakan sawi putih per hektar dapat hasilkan 15-25 ton sayur sawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *