Cara Bermain Tenis Meja

Kemudahan dan keterjangkauan relatif dari tenis meja telah menjadikannya salah satu olahraga paling populer di dunia saat ini dalam partisipasi. Tidak hanya permainannya yang mudah dipelajari, tetapi juga sangat menyenangkan dan membutuhkan sedikit investasi keuangan atau ruang.

Hasil gambar untuk meja tenis meja

Yang Anda butuhkan hanyalah meja, jaring, bola, dan raket untuk memulai. Anda dapat bermain di mana saja, kapan saja dan hanya beberapa jam seminggu memukul bola putih kecil itu dapat melakukan keajaiban untuk kebugaran Anda.

Seperti semua olahraga, tentu saja ada beberapa aturan yang harus diikuti, apakah Anda bermain pertandingan persahabatan di dek kosong HDB atau berpartisipasi dalam turnamen. Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) adalah badan pengatur utama olahraga dan menetapkan aturan untuk permainan.

Peralatan Anda

Meskipun ada pembatasan lebih sedikit dalam pertandingan persahabatan, ITTF secara hati-hati mengatur peralatan yang digunakan selama turnamen.

Meja, atau permukaan bermain, harus panjang 2,74 m dan lebar 1,525 m, pada platform 76cm di atas lantai. Bagian atas jaring, sepanjang keseluruhannya, juga harus 15.25 cm di atas permukaan bermain.

Dalam sebuah turnamen, bola yang digunakan harus memiliki diameter 40mm dan berat tepatnya 2,7g. Selain itu, bola hanya bisa terbuat dari bahan seluloid atau plastik serupa dan berwarna putih atau oranye, dan matt, dalam warna.

Akhirnya, raket dapat berupa ukuran, bentuk atau berat tetapi pisau harus rata dan kaku dan terbuat dari 85% kayu alami. Sebelum memulai pertandingan, pemain harus mengizinkan lawannya dan wasit untuk memeriksa raket yang akan digunakannya.

Main The Game

Permainan dimulai ketika satu pemain (server) membuat layanan sebelum receiver mengembalikannya.

Server harus:
– Mulailah dengan bola beristirahat dengan bebas di telapak terbuka.
– proyeksikan bola dekat vertikal ke atas, tanpa memberikan putaran, sehingga naik setidaknya 16cm.
– Memukul bola sehingga menyentuh terlebih dahulu / nya pengadilan dan kemudian, setelah melewati net majelis, menyentuh langsung pengadilan penerima. Dalam ganda, bola harus menyentuh setengah pengadilan server dan penerima secara berturut-turut.
Setelah bola telah disajikan, kedua pemain harus melakukan pengembalian hingga poin tercapai. Dalam ganda, masing-masing pemain di tim yang sama harus bergantian membuat pengembalian.

Setelah 2 poin berhasil, pemain / pasangan penerima akan menjadi pemain / pasangan yang melayani dan seterusnya sampai akhir permainan.

Scoring

Satu set adalah ketika salah satu pemain atau pasangan pertama mencetak 11 poin. Jika kedua pemain / pasangan mencetak 10 poin, satu set akan dimenangkan oleh pemain / pasangan pertama untuk mendapatkan keunggulan 2 poin. Sebuah pertandingan penuh dimenangkan ketika seorang pemain atau pasangan memenangkan yang terbaik dari jumlah set ganjil (3,5,7).

Suatu poin dinilai ketika:
1. lawan gagal membuat layanan yang benar,
2. lawan gagal melakukan pengembalian,
3. bola menyentuh bagian tubuh lawan,
4. lawan memukul bola dua kali berturut-turut,
5. jika lawan, atau apa pun yang lawan pakai, menyentuh permukaan permainan atau net saat bermain,
6. jika pemain ganda menggeser bola keluar dari urutan yang ditetapkan oleh server pertama dan penerima pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *