Cara Menanam Bunga Mawar yang Mudah

Bunga yang satu ini telah di kenal tiap-tiap orang. Banyak argumen kenapa beberapa orang mengenaal bunga ini yang cantik ini, tapi umumnya tentu mengenalnya karna seringkali dipakai untuk melambangkan ekspresi cinta. Kelopak yang bertumpuk keduanya dengan beberapa warna cerah jadikan bunga mawar begitu tampak menawan, menarik serta tidak jemu untuk dilihat mata.

Meskipun bunga mawar yang seringkali keluar dalam film atau dipakai jadi gift berwarna merah, namun bunga ini bukan hanya memiliki satu type warna. Bunga mawar memiliki macam warna dari mulai warna putih, kuning, pink, hingga bunga mawar yang memiliki warna biru.

Langkah menanam bunga mawar dengan cara stek banyak dikerjakan oleh beberapa petani dalam budidaya bunga mawar. Langkah tersebut relatif gampang dikerjakan serta mempunyai tingkat kesuksesan yang cukup besar dibanding lewat cara yang beda. Meskipun tidak semudah yang berada di dalam panduan tapi apabila anda ikuti beberapa langkah yang di ajarkan juga akan jadi besar tingkat kesuksesan dalam budidaya bunga mawar.

Bunga mawar banyak disukai oleh orang-orang karna memiliki warna serta bentuk bunga yang indah. Terkecuali warna yang bermacam, bunga ini mempunyai bau yang harum hingga banyak digemari oleh kaum wanita. Oleh karenanya bunga ini banyak dipakai jadi hiasan di beberapa langkah.

Langkah Menanam Bunga Mawar dengan Bibit

Apabila anda pemula serta baru juga akan menanam bunga mawar, baiknya anda memakai tehnik bibit saja karna lebih gampang. bibitnya dapat anda beli di beberapa toko bibit bunga paling dekat atau memesannya di Jual Bibit Tanaman. Kisaran harga nya adalah pada sepuluh hingga dua puluh ribu saja untuk memperoleh bibit bunga mawar yang sehat.

Setelah itu langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan yakni dengan menyiapkan pot jadi wadah atau tempat menanam bunga mawar ini. Namun, anda dapat juga menanamnya segera pada tanah di pekarangan anda. tapi untuk pemula gw anjurkan untuk memakai pot supaya perawatannya lebih gampang.

Sesudah pot telah siap, campur tanah dengan pupuk kandang. perbandingannya cukup 1 : 6 saja, janganlah sangat banyak pupuk untuk bibit yang masih tetap muda. kemudian bibit bunga awar siap ditanam.

Langkah Menanam Bunga Mawar dengan Stek

Langkah yang ke-2 yakni dengan menggunakan tehnik stek. Langkah menanam bunga mawar dengan stek sebenarnya cukup gampang. Meskipun gampang namun diperlukan tehnik yang pas agar kurangi resiko kegagalan nanti. Oleh karenanya kami juga akan memberi tehnik tepat langkah stek tanaman mawar agar cepat berbunga.

Pertama sediakan sediakan media tanam dahulu. media tanam yang digunakan adalah tanah, kulit padi serta pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah semuanya disediakan lantas aduk hingga rata serta input dalam polybag memiliki ukuran tengah. Setelah media tanam siap lantas tetapkan tanaman mawar yang juga akan di stek. Ada syarat-syarat pilih tanaman mawar yang juga akan di stek yakni pastikan batang tanaman yang sudah tua serta janganlah beberapa cobalah menggunakan batang muda sebab percuma tanaman tidak juga akan bertahan lama.

Tanda-tanda batang yang sudah tua bisa diliat pada durinya, jika duri warnanya hitam bermakna batang itu sudah tua. Sedang pada batang muda durinya masih tetap warnanya merah jambu. Langkah stek tanaman yang kami sarankan ini memanglah telah dapat dibuktikan sukses seandainya tehnik yang kami anjurkan dikerjakan dengan pas. Langkah selanjutnya yakni potong batang mawar yang sudah tua sekitaran satu jengkal dari ujung batang dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Potonglah batang itu lewat cara meruncing agar akar cepat tumbuh.

Selanjutnya pindahkan potongan batang itu dalam media tanam yang telah disediakan dengan kedalaman 5-7 cm. Setelah itu letakan tanaman pada tempat yang terserang cahaya matahari segera. Pemeliharaannya agar tanaman cepat berbunga yaitu dengan menyiram tanaman dengan teratur tiap-tiap pagi serta sore hari. Beri pupuk susulan tiap-tiap satu bulan sekali.

Bila penyetekan sukses, pindahkan batang hasil penyetekan ke pot. Terlebih dulu, janganlah lupa untuk sediakan media tanam yang bagus untuk tumbuhnya tanaman bunga mawar ini. Gunakan tanah gembur, bisa pula digabung dengan sekam.

Jangan pernah lupa untuk mencampurkan pupuk kandang pada media tanam yang barusan sudah diterangkan. Apabila anda ingin menanam tanaman bunga mawar segera pada tanah pekarangan tempat tinggal anda, janganlah asal-asalan pilih ruang untuk menanam tanaman bunga mawar.

Langkah Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot

Bagaimana caranya menanam bunga mawar supaya dapat tumbuh dengan baik? Menanam bunga ini didalam pot tidak sangat susah, yang dibutuhkan yaitu tekad serta hasrat kuat untuk belajar. Hal semacam ini karna dalam sistem penanaman serta perawatan bunga mawar mesti diperlakukan dengan spesial. Terkecuali melindungi keperluan nutrisi, anda harus juga memerhatikan keperluan air tanaman ini. Tersebut disini beberapa langkah dalam lakukan budidaya bunga mawar.

  • Persiapan Bibit Bunga Mawar

Langkah awal dalam menanam bunga mawar yaitu menyiapkan bibit yang berkwalitas. Apabila anda menginginkan tidak mempunyai saat lebih untuk sistem pembibitan, anda dapat beli bibit bunga mawar yang banyak di jual ditempat penjual bunga. Pastikan bibit yang bagus serta tak ada sinyal tanda terserang penyakit.

Apabila anda menginginkan lakukan pembibitan sendiri dapat coba memakai cara stek. Pastikan batang bunga mawar yang telah cukup tua lalu potong dengan memakai pisau yang bersih selama 10 cm. Sediakan media semai dari polybag atau pot yang sudah di isi kombinasi pupuk kandang serta tanah dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan media semai lewat cara diangin-anginkan sepanjang 15 hari.

Buat lubang pada media semai dengan ukuran 3 atau 4 cm. tahap selanjutnya yaitu memasukan batang bunga mawar yang sudah distek kedalam media semai dengan perlahan-lahan supaya kulitnya tidak rusak. Tutup lubang dengan tanah lalu letakan pada tempat yang terlindung dari cahaya matahari segera atau hujan.

  • Buat serta Mempersiapkan Media Tanam Bunga Mawar

Media tanam yang dipakai untuk menanam bunga mawar didalam pot yaitu kombinasi pupuk kandang, pasir serta tanah dengan perbandingan 1 : 4 : 4. Aduk semuanya media diatas hingga tercampur rata lalu biarlah hingga 15 hari. Pakai pupuk terkadang yang telah difermentasi atau pupuk yang telah lama (masak).

Untuk medianya anda dapat memakai pot atau polybag tapi dianjurkan memakai pot yang terbuat dari tanah. Karna pot ini mempunyai system drainase yang baik. Untuk ukuran pot anda dapat sesuaikan sesuai sama apa yang diinginkan anda. Tapi janganlah memakai pot yang sangat kecil karna juga akan mengganggu perkembangan tanaman ini. Pakai pot dengan ukuran minimum 25 cm.

  • Menanam Bunga Mawar pada Media Tanam

Apabila bibit bunga mawar telah mulai berkembang, itu adalah tanda kalau tanaman sudah siap dipindahkan kedalam media tanam. Langkah awal yang perlu anda kerjakan yaitu isi basic media tanam dengan pecahan genting supaya air yang keluar dari media tanam tidaklah terlalu becek. Isi pot dengan media tanam (kombinasi tanah, pupuk kandang serta pasir) hingga 1/2 sisi, lalu input bibit bunga mawar pas di tengahnya pot. Kemudian berikan media tanam kembali hingga pot penuh.

Lalu tekan media tanam dengan berlahan supaya bibit bunga dapat berdiri dengan tegak serta tidak gampang rubuh waktu disiram. Sesudah usai menanam letakan pot pada tempat yg tidak terserang cahaya matahari segera sekitaran 1 minggu hingga tanaman siap seutuhnya terserang cahaya matahari dengan segera.

  • Perawatan serta Pemeliharaan Bunga Mawar

Perawatan pada budidaya bunga mawar dalam pot mencakup penyiangan dari tanaman pengganggu dan penyiraman air dengan teratur. Siram tanaman dengan berkala, dapat satu atau 2 x satu hari. Hal semacam ini tergantung pada keadaan media tanam, janganlah menyiram terlalu berlebih karna apabila media tanam basah juga akan mengakibatkan akar tanaman cepat membusuk.

Supaya bunga mawar yang anda tanam dapat tumbuh dengan subur jadi keperluan unsur hara pada tanaman mesti tercukupi dengan baik. Hal semacam ini dapat dikerjakan dengan memberi pupuk jadi sumber nutrisi. Untuk pemupukan dapat memakai pupuk terkadang lewat cara menaburkan di sekitaran tanaman. Upayakan supaya pupuk tidak menyentuh batang tanaman dengan segera.

Terkecuali pupuk kandang anda dapat juga memberi pupuk NPK, langkahnya dapat dikerjakan dengan melarutkan pupuk pada air lalu kerjakan penyiraman dengan air itu. Ukuran pemberian pupuk yaitu 1 sendok NPK dicampurkan kedalam 5 liter air lalu kocorkan 200 ml untuk tiap-tiap tanaman. Pemupukan ini dapat anda kerjakan tiap-tiap 15 hingga 20 hari sekali.

Tersebut langkah menanam bunga mawar dalam pot lewat cara stek. Untuk menghemat pupuk, anda dapat juga memakai limbah dapur jadi pupuk tanaman bunga mawar. anda dapat memakai ampas teh atau air cucian beras (air leri) jadi pupuk organik. Ampas teh yang telah dingin ditaburkan di sekitar tanaman, sedang air leri dapat di terapkan dengan penyiraman atau penyemprotan ke daun tanaman. Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *