Manfaat Bermain Tenis Meja

Baik Anda bermain ganda atau tunggal, tenis meja, atau ping pong, dapat menjadi olahraga kompetitif yang serba cepat. Bahkan, ketika dimainkan pada tingkat yang intens, itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membakar kalori dan menjadi bugar.

Tetapi sebelum Anda mulai, pastikan Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk permainan pingpong yang intens.

Gambar terkait

Berikut adalah 8 manfaat utama bermain tenis meja:

1. Bermain meningkatkan koordinasi tangan-mata dan itu merangsang kewaspadaan mental, konsentrasi dan strategi taktis. Ini menjadikannya permainan yang sempurna bagi anak muda untuk mempertajam refleks, dan bagi orang yang lebih tua untuk memperbaiki taktik.
2. Mengembangkan ketajaman mental. Kecepatan, putaran dan penempatan bola sangat penting dalam tenis meja, dan pemain yang terlatih sangat terampil dalam menciptakan dan menyelesaikan teka-teki yang melibatkan ketiga atribut ini.
3. Meningkatkan refleks. Karena sifat olahraga jarak pendek yang cepat, gerakan otot kasar dan halus meningkat. Permainan ini dibedakan dengan semburan tenaga dan pemulihan, yang mengarah ke pengembangan otot kedutan cepat.
Sangat mudah pada sendi. Pernahkah Anda menjalani operasi lutut, masalah punggung, lelah memutar pergelangan kaki Anda? Coba tenis meja. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan kaki, lengan, dan inti Anda tanpa membuat sendi Anda membesar.
4. Membakar kalori. Seseorang dengan berat badan 150 pon dapat membakar 272 kalori dengan bermain tenis meja selama satu jam. Mempertimbangkan fakta bahwa olahraga itu menghibur dan membuat ketagihan, itu bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk membakar kalori.
5. Menawarkan outlet sosial. Baik Anda bermain di pusat komunitas atau di rumah bersama teman-teman, tenis meja menawarkan cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan orang lain saat Anda menurunkan berat badan. Karena orang tua dan muda dapat bermain game, itu dapat membantu meningkatkan komunikasi dan membangun hubungan, tanpa memandang usia. Bermain di rumah dengan saudara kandung atau orang tua dapat membawa anggota keluarga lebih dekat dan memungkinkan mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan satu sama lain.
6. Menjaga otak Anda tetap tajam. Alzheimer Weekly melaporkan peningkatan yang jelas dalam keterampilan motorik dan kesadaran kognitif dari bermain tenis meja, setelah serangkaian studi klinis awal di Jepang menemukan bahwa tenis meja secara nyata meningkatkan aliran darah ke otak, dan bahkan mungkin dapat mencegah demensia.
Meningkatkan koordinasi. Mengikuti bola ping pong saat bergerak dengan cepat ke arah Anda, dan mengikuti lintasannya saat lawan memukulnya membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata.
7. Meningkatkan keseimbangan. Tetap seimbang dan mampu mengubah arah dengan cepat adalah kunci untuk sukses dalam reli pingpong. Ini sangat penting untuk orang tua.
8. Merangsang berbagai bagian otak yang berbeda. Dengan mengantisipasi tembakan lawan, pemain menggunakan korteks prefrontal untuk perencanaan strategis. Latihan aerobik dari aktivitas fisik permainan menstimulasi hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memungkinkan kita membentuk dan mempertahankan fakta dan kejadian jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *