Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat (Avocado) merupakan salah satu buah yang populer. Buah ini sangat digemari karena rasanya yang khas dan tidak tergantikan. Tak ada buah substitusi (pengganti) alpukat yang sempurna. Buah ini selalu dicari kala membuat es campur, es teler, jus buah, salad, atau membuat utuh es alpukat.

Banyak orang yang khawatir akan lemak yang terkandung dalam alpukat. Namun seharusnya tidak perlu. Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak sehat, dalam bahasa kesehatan disebut lemak tidak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids = MUFA). Konsumsi asam lemak dalam bentuk MUFA, seperti yang ada dalam alpukat dapat memperbaiki kadar kolestrol dan memproteksi kerusakan arteri (pembuluh darah). Asam lemak MUFA yang banyak terkandung dalam alpukat adalah asam oleat (seperti asam lemak yang terdapat dalam almond dan minyak zaitun). Asam lemak oleat merupakan asam lemak omega-9 yang dapat menurunkan kadar kolestrol total dan LDL (kolestrol jahat), tetapi sebaliknya meningkatkan HDL (kolestrol baik).

Buah Alpukat

Tak usah takut gemuk. Mengonsumsi alpukat 200 gram perhari terbukti tidak meningkatkan berat badan. Yang berbahaya adalah ketika mengonsumsi alpukat bersama dengan gula yang berlebihan atau susu full cream.

Kandungan lemak alpukat memang banyak, tapi tidak bikin kelebihan kolestrol bahkan menurunkannya. Alpukat (Persia Americana M/7/,) termasuk ke dalam famili lauraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama asing advocaat atau avacado pear.

Bagaimana dengan khasiat dan manfaatnya yang menyehatkan. Alpukat ternyata kaya gizi, kalori, mineral, dan vitamin. Jika ingin kondisi tubuh selalu terjaga, makanlah alpukat secara rutin. Alpukat juga biasa dimanfaatkan untuk membuat masker rambut sebagai solusi cara mengatasi rambut rontok.

Alpukat juga dapat meningkatkan penyerapan senyawa- senyawa koretenoid di usus seperti betakaroten dan alfaka- roten, yang merupakan antioksidan. Jadi anggapan bahwa alpukat itu harus dihindari bagi orang yang kolesterolnya tinggi atau gemuk tidaklah benar.Alpukat mengandung vitamin A, C, dan E, niasin, asam pantotenat, zat besi, kalium serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat gizi tersebut berguna bagi keindahan dan kese- hatan kulit. Zat besi dan zat tembaga yang berlimpah membuat alpukat penting dalam pembentukan sel darah merah dan pencegahan anemia gizi.

Alpukat Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Penting Tubuh

Manfaat Buah Alpukat

Paduan antara vitamin C, vitamin E, zat besi dan mangan menjadikan alpukat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Masih banyak lagi manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita. Dari alpukat untuk kesehatan adalah bila digunakan sebagai pengganti mentega dan keju, alpukat akan dapat mengurangi asupan kolesterol, lemak jenuh, dan natrium.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi alpukat selama tiga bulan berturut-turut akan mengalami penurunan kadar kolestrol LDL sebesar 12 persen. Hal tersebut dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat aterosklerosis.

Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit.

Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut misalnya sewaktu melakukan creambath.

Web https://www.metro.com akan mengungkap secara gamblang tentang alpukat, khasiat dan manfaat, serta fakta dan mitos yang beredar di masyarakat. Silakan kunjungi web ini untuk bisa mendapatkan optimalisasi manfaat dari alpukat, buah langka yang fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *