Matras Lompat Tinggi

Matras Lompat Tinggi

Matras berfungsi sebagai alas dalam melakukan berbagai gerakan beladiri. Keberadaan matras ini bisa membantu melindungi tubuh dari benturan dengan lantai. Benturan yang diredam menggunakan matras beladiri dapat mengurangi kemungkinan cidera pada tubuh atlet beladiri. Matras dapat dibedakan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Masing-masing jenis matras memiliki karakteristik tersendiri menyesuaikan kebutuhan penggunaannya.

Lompat Tinggi merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang akan menguji keterampilan melompat dengan melewati tiang mistar. Tujuan olahraga lompat tinggi ini adalah untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu. Adapun tinggi mistar yang harus dilewati oleh seorang atlet lompat tinggi minimal 2,5 meter dengan panjang mistar minimal 3,15 meter. Olahraga Lompat Tinggi dilakukan pada lapangan atletik dengan tanpa menggunakan bantuan alat tertentu.
Image result for matras lompat tinggi
Lompat tinggi merupakan olahraga yang menguji ketrampilan melompat dengan melewat tiang mistar.Lompat tinggi adalah salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang harus dilewati atlet minimal 2,5 meter,sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter.Lompat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik.Lompat tinggi dilakukan tanpa bantun alat.Sebelum memutuskan untukmembeli sebuah matras beladiri ada baiknya Anda simak beberapa hal yang perlu dipertimbangkan berikut ini : Tentukan tujuan penggunaan dari matras, anda tentu harus menyesuaikan jenis matras yang akan dibeli sesuai dengan peruntukannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis matras beladiri dengan karakteristik yang berbeda. Apabila Anda memerlukan matras untuk beladiri jenis tertentu maka sebaiknya sampaikan tujuan penggunaanya pada produsen atau penjual matras tempat Anda membeli.

Image result for matras lompat tinggi

Sesuaikan matras yang akan dibeli dengan anggaran dana yang dimiliki, ada banyak produsen ataupun distributor matras khusus kegiatan beladiri. Masing-masing matras ini dibuat dari material yang berbeda kualitasnya. Ada baiknya Anda menyesuaikan jenis matras dengan anggaran yang Anda miliki. Anda bisa memiliki jenis matras yang terbuat dari karet sintetik dengan harga yang lebih murah.

Pilih material penyusun matras yang aman, hal ini terkait keamanan dan kenyamanan penggunaan matras. Apabila Anda memiliki jenis kulit yang sensitif sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih jenis matras yang akan digunakan. Ada beberapa jenis matras sintetik yang dapat memicu alergi pada kulit. Mungkin sebaiknya Anda memiliki matras dengan material penyusun dari bahan alami untuk mengurangi risiko alergi.

Material penyusun ini juga terkait dengan kenyamanan pada saat penggunaan. Anda sebaiknya memiliki material matras yang empuk, tidak keras serta lembut khususnya untuk jenis olahraga yang banyak menggunakan bantingan. Material dengan tingkat ketebalan yang pas dan empuk dapat mengurangi risiko cedera lebih tinggi.

Image result for matras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *